Kelompok Tani Sejahtera Rambatan dan Sejahtera Dua telah menggunakan kandang komunal dengan posisi sapi saling berhadapan. Hal tersebut untuk memudahkan peternak dalam hal pemberian pakan, pengumpulan limbah ternak, dan pembersihan kandang. Dalam hal pengelolaan pakan ternak sapi, kedua kelompok tani ini telah memanfaatkan pakan berbasis hasil ikutan perkebunan. Spesifiknya lokasi berupa fermentasi kulit kakao, jerami fermentasi, pelepah daun sawit, dan lumpur sawit (solid) yang bernilai ekonomis dan efisien.

Peternak lebih hemat dari segi waktu karena pakan lebih tahan lama dan biayanya lebih murah dibandingkan membeli pakan konsentrat lain. Untuk menutupi biaya produksi terutama dalam hal biaya pen-gadaan pakan, pengolahan limbah ternak dapat meningkatkan nilai tambah usaha ternak sapi potong ini. Usaha ternak sapi potong pada dua kelompok tani ini telah berkontribusi dalam hal mewujudkan konsep green marketing.

Pertama dengan mengurangi dampak kerusakan lingkungan (reduce).

Kedua, mendaur ulang limbah perkebunan menjadi pakan dan mendaur ulang limbah ternak sapi menjadi pupuk organik (recycle).

Ketiga, hasil ikutannya dipakai kembali untuk usaha ternak dan perkebunan sebagai asupan makanan (reuse).

Dengan demikian, limbah yang terbuang bisa dieliminasi dan tidak mengotori lingkungan (zero waste). Serta potensial untuk berkembang karena banyak didukung oleh faktor sumber daya lokal.

Implikasi Kebijakan

Penerapan konsep green marketing pada peternakan sapi potong di Sumatra Barat. Terbukti mampu menambah pendapatan peternak di luar penjualan ternak sapi itu sendiri. Selain itu, adanya hubungan saling melengkapi antara produk hasil ikutan sapi dan hasil ikutan tanaman perkebunan (integrasi). Hal tersebut dapat mengatasi permasalahan penyediaan pakan sapi dan penyediaan pupuk tanaman perkebunan.  Hal tersebut juga berdampak terhadap kelestarian lingkungan di sekitarnya.  Maka, konsep usaha peternakan sapi potong berbasis green marketing ini cukup memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan bagi usaha peternakan sapi potong lainnya di Sumatra Barat.

Baca juga : Kandang Sapi yang Baik dan Benar dan Memilih indukan sapi yang bagus

Terima Kasih


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian